-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rektor UNP Jadi Pembicara Utama Simposium Fusi Sains dan Teknologi di Universitas Gachon Korea Selatan

Sunday, July 23, 2017 | July 23, 2017 WIB Last Updated 2017-07-25T06:33:05Z

Ilmuwan di Korea pada 17-21 Juli 2017 bersimposium tentang fusi ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu pembicaranya yang diundang untuk hadir, Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD.

"Benar saya diundangan Korea tapi bukan sebagai turis, saya berada di Korea untuk pembicara pada simposium fusi ilmu dan teknologi, " ujar Rektor UNP, Ganefri via sms massagernya, Kamis (20/7) kemarin.

Bertempat di Universitas Gachon Korea Selatan Rektor UNP itu diundang oleh Prof. Chulsu Kim, Ph.D sebagai pembicara dalam tajuk kegiatan "6th International Symposium on The Fusion of Science & Technogies - Jeju, Republic Of Korea".

Pada kesempatan itu, Rektor UNP, yang mantan Dekan Fakultas Teknik itu menjelaskan, bagaimana dengan kepraktisan produksi model pembelajaran berbasis produksi (Production Based Learning=PdBL) adalah metoda pembelajaran yang menggunakan produk/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

"Pembelajaran Berbasis Produk merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Pembelajaran Berbasis Proyek dirancang untuk digunakan pada permasalahan komplek yang diperlukan peserta didik dalam melakukan insvestigasi dan memahaminya,"jelas Ganefri pada simposium itu.

Ditambahkannya, melalui PdBL, proses inquiry dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik dalam sebuah produk kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pada saat pertanyaan terjawab, secara langsung peserta didik dapat melihat berbagai elemen utama sekaligus berbagai prinsip dalam sebuah disiplin yang sedang dikajinya. PdBL merupakan investigasi mendalam tentang sebuah topik dunia nyata, hal ini akan berharga bagi atensi dan usaha peserta didik.

Seperti diketahui, masing-masing peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda, maka Pembelajaran Berbasis Produk memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menggali konten (materi) dengan menggunakan berbagai cara yang bermakna bagi dirinya, dan melakukan eksperimen secara kolaboratif. Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan investigasi mendalam tentang sebuah topik dunia nyata, hal ini akan berharga bagi atensi dan usaha peserta didik. (Humas/UNP)
*sumber : http://unp.ac.id/id/conference/rektor-unp-jadi-pembicara-utama-simposium-fusi-sains-dan-teknologi-universitas-gachon
×
Berita Terbaru Update