-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Buat Kamu Mahasiswa Baru, Berikut 15 Tipe Mahasiswa Unik yang Pasti Akan Kamu Temui di Kampus

Tuesday, July 10, 2018 | July 10, 2018 WIB Last Updated 2018-07-10T12:50:14Z

Bagaimana minggu-minggu pertama kuliahmu? Mungkin kamu sudah menyelesaikan masa OSPEK, atau bahkan mulai mendapatkan tugas dari dosen. Tentu setiap harinya kamu menunggu cerita seru, sebagaimana yang sering kamu dengarkan dari kakakmu, atau kamu tonton dari film atau acara televisi. Di tengah padatnya aktivitasmu sebagai mahasiswa baru, kamu juga sedang berusaha mengenal lingkungan barumu. Salah satunya, mungkin kamu akan terkejut menemukan karakter teman-teman yang beragam. Kalau pada masa SMA dulu, sepertinya teman-temanmu masih sangat mematuhi guru dan peraturan, sekarang teman-teman barumu mulai menampakkan jati diri mereka yang sesungguhnya.

Jika kamu jeli, kamu pasti menemukan beberapa hal unik dari teman-temanmu. Tidak semua mahasiswa itu rajin kuliah dan selalu mendapat nilai bagus. Ada beberapa orang yang tergolong ‘unik’ di kampusnya dan hal ini membuatnya begitu berkesan di mata teman-temannya. Berikut beberapa tipe mahasiswa yang pasti kamu jumpai di kampusmu.

1. Si Hobi Tidur

Tipe mahasiswa yang suka tidur biasanya memilih datang awal saat kuliah. Tujuannya bukan untuk duduk paling depan, melainkan duduk di belakang bersama beberapa teman dekatnya. Saat dosen mengajar dan materi kuliah tersebut tak membuatnya tertarik, maka mahasiswa tersebut memilih untuk tidur. Baginya, kuliah dosen ibarat dongeng di siang bolong.

2. Si Suka Bertanya

Berbanding terbalik dengan si hobi tidur, mahasiswa tipe suka bertanya selalu duduk di depan. Dia begitu antusias di setiap mata kuliah yang didapatnya. Si suka bertanya tak enggan menanyakan hal-hal yang tak dimengertinya ke dosen langsung. Saking antusiasnya, dia terus bertanya meski sudah di detik-detik akhir kuliah! Kadang, kamu akan kesal dibuatnya, karena jadi harus menunggu beberapa menit sebelum bisa cabut ke kantin. Ini tipe mahasiswa yang kadang membuat kesal teman-teman sekelasnya.

3. Si Gadget Addict

Jika ada keluaran smartphone terbaru, mahasiswa ini pasti menjadi nomor satu di kampus yang memilikinya. Baginya, hidup harus selalu upgrade selaras dengan perkembangan teknologi. Si addict gadget juga tak bisa lepas dari smartphone-nya selama di kampus. Tangannya tak bisa jauh dari memainkannya gadget-nya, baik di kantin, di perpustakaan, bahkan saat kuliah. Biasanya dia juga paling aktif nge-path dan upload gambar di Instagram. Selain itu, kamu akan menjumpai bahwa ia sering berganti laptop. Baru satu semester, ia sudah menenteng laptop baru. Teman seperti ini ada keuntungannya. Kamu bisa bertanya kepadanya jika hendak membeli gadget baru.

4. Si Aktivis Kampus

Beberapa mahasiswa biasanya memilih aktif ikut organisasi kampus. Misalnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), himpunan kemahasiswaan, biro kampus, dan lain-lain. Sebagian memiliki motivasi positif untuk mengembangkan soft sklill. Hanya saja, tak bisa dipungkiri beberapa mahasiswa memiliki dorongan berorganisasi hanya untuk “lari” dari kegiatan akademik kuliah. Saking aktifnya di berbagai organisasi kampus, nilai-nilai akademiknya tak secemerlang prestasi di organisasi kampus. Ketika kamu memilih untuk menjadi aktivis kampus, selalu ingat untuk memprioritaskan akademismu ya.

5. Si Pencari Wi-Fi Kampus

Kamu pernah melihat teman kampusmu yang ke mana-mana selalu membawa laptop lengkap dengan charger-nya? Biasanya dia betah nongkrong di salah satu spot kampus berjam-jam, bahkan hingga malam hari! Si Pencari Wi-Fi kampus ini gemar men-download file-file besar di kampus. Tak heran jika di laptopnya pasti terinstal Internet Download Manager (IDM) ataupun torrent. Ini juga merupakan salah satu tipe mahasiswa menyebalkan karena koneksi di kampus menjadi agak lemot akibat dari aktivitas download-nya.

6. Si Juragan Film
Kamu tak akan mendapati file tugas kuliah atau materi kuliah di laptop si juragan film. Kamu hanya akan terpana melihat koleksi film-film bajakan di dalamnya yang komplit, bahkan film paling terbaru sekalipun! Ya, mahasiswa tipe ini sangat gemar men-download dan mengoleksi film-film di laptop. Bahkan, jika space di laptop tak mencukupi, dia pun memiliki hard disk eksternal dengan kapasitas penyimpanan besar untuk menyimpan film-filmnya. Beberapa dari juragan film di kampus memanfaatkan hobinya untuk bisnis kecil. Dia meminta bayaran tertentu dari teman-teman yang ingin men-copy filmnya. Si juragan film menjadi teman favorit di kampus karena menjadi penolong bagi teman-temannya ketika tak memiliki cukup uang untuk menonton film di bioskop.

7. Si Fashionable

Mahasiswa tipe fashionable ini selalu menjadi yang paling “hits” dalam berpakaian di kampus. Dia pandai memadupadankan penampilannya, mulai dari gaya rambut, warna dan model baju, warna celana, hingga sepatu. Tak jarang dia kemudian menjadi trendsetter gaya di kampus. Kebiasaannya yang selalu update mode membuatnya mudah dikenal dan kadang beberapa orang meminta bantuannya sebagai konsultan fashion di kampus.

8. Si Pasangan Mesra

Ini tipe mahasiswa yang suka mengusik suasana hati para jomblo di kampus. Si pasangan mesra merupakan tipe mahasiswa yang selalu berdua bersama pasangannya di mana pun mereka berada. Mereka biasanya duduk bersebelahan di kelas, mojok bedua di kantin, bergandengan tangan di area kampus, dan lain-lain. Bukan hanya pasangan kekasih yang sering menjadi pasangan mesra di kampus. Kadang tipe persahabatan ala “kakak-adik” juga menjadi pasangan mesra yang menghiasi kampus. Dunia serasa milik mereka berdua tanpa memedulikan perasaan teman-teman di sekelilingnya. Salah satu tipe mahasiswa yang paling sering menjadi bahan pembicaraan para jomblo.

9. Kumpulan Gamers

Ini kumpulan mahasiswa yang terlihat asyik sendiri ketika membicarakan games. Bahkan, mereka sibuk bermain games di laptop atau gadget saat kuliah kosong. Kamu akan kehilangan topik pembicaraan saat berkumpul dengan mereka jika kamu tak paham games. Mereka bisa begitu serius membahas games hingga berjam-jam!

10. Tukang Gosip
“Kamu tahu gak, si A ternyata sudah jadian ama si B loh!”

“Kayaknya si C lagi deketin si D deh. Soalnya kemarin malam aku lihat mereka lagi makan bareng!”

Begitulah kira-kira berita yang akan kamu dengar dari si tukang gosip. Mahasiswa tipe ini mendadak seperti menjadi presenter acara infotainment ketika memiliki sebuah berita paling update di kampus. Mereka seringnya peka pada hal-hal kecil yang terjadi di kampus dan pandai merangkainya menjadi cerita yang menarik. Kamu perlu hati-hati jika mengobrol dengan mereka karena berita yang mereka bawa belum tentu 100% bisa dipercaya!

11. Si Pemain Musik

Salah satu hiburan kecil di kelas adalah ketika ada seseorang yang kerap bermain musik, biasanya gitar, saat kuliah kosong. Jiwa seninya dia tularkan untuk berkreasi di kelas sehingga dapat menghibur kawan-kawannya. Biasanya dia menjadi tipe idola di kalangan teman-teman perempuannya. Namun, ada juga si pemain musik yang hanya hobi gebrak-gebrak meja dan bernyanyi dengan nada sumbang saat kuliah kosong. Nah, kalau ini tipe mahasiswa yang paling dihindari karena hanya membuat suasana kelas tambah berisik.

12. Si Tukang Pinjam
Kamu perlu waspada dengan salah satu tipe mahasiswa ini. Dia terlihat kalem, jarang duduk di belakang saat kuliah, dan selalu menunjukkan muka serius ketika dosen mengajar. Hanya saja, di akhir perkuliahan, dia akan mendekati salah satu temannya yang rajin mencatat dan berkata, “Pinjem catatan dong”. Duduk di tengah dan bermuka serius saat kuliah merupakan strateginya untuk mencari teman-temannya yang rajin menyimak kuliah. Bahkan, dia juga menjadi “langganan tetap” dalam meminjam tugas temannya. Jadi, jangan kaget kalau si tukang pinjam ini juga bisa meraih nilai akademik yang bagus hanya karena memahami catatan kuliah temannya. Kalau kamu rajin mencatat dan mengerjakan tugas, kamu pasti jengkel dengan tipe mahasiswa ini!

13. Si “Pengoleksi” Nilai A

Mahasiswa bertipe seperti ini biasanya sangat rakus pada nilai A. Bahkan, dia bisa frustasi saat ada nilai B menghiasi transkripnya! Ciri-ciri si “pengoleksi” nilai A adalah rajin datang menghadiri setiap mata kuliah, duduk di depan, selalu mengerjakan tugas, dan biasanya memiliki hubungan akrab dengan beberapa dosen. Salah satu sifat yang paling tidak disukai dari tipe mahasiswa ini adalah susah diajak berdiskusi tugas kuliah. Dalam ujian pun, dia terkenal paling pelit dalam memberikan jawaban pada teman-teman. Baginya, kuliah merupakan ajang persaingan sengit dalam memperoleh nilai!

14. Si Mahasiswa Abadi

Kamu tentu pernah hadir pada suatu mata kuliah bersama kakak senior yang kebetulan mengikuti perbaikan mata kuliah tersebut. Dia biasanya mendapat julukan “mahasiswa abadi” di kampus. Si mahasiswa abadi ini biasanya bermuka badak alias tidak pernah malu meski harus berulang kali mengikuti mata kuliah bersama juniornya. Kadang mahasiswa abadi jarang menghadiri perkuliahan. Namun, dia bisa tiba-tiba muncul saat hendak ujian dan meminjam catatan serta tugas para juniornya.

15. Si Mahasiswa “Gaib”

Ini salah satu tipe mahasiswa paling unik. Keberadaannya di kampus hampir tak bisa dideteksi, bahkan bisa jadi terlupakan. Dia tak pernah muncul di setiap mata kuliah. Namun, dia bisa mendadak muncul saat ujian semester! Bahkan, mahasiswa “gaib” ini sama sekali tak tertarik pada kegiatan di luar kampus, seperti organisasi atau klub. Kehidupannya begitu misterius sehingga membuat teman-temannya seolah-olah tak mengenalnya. Kemungkinan, di luar aktivitas sebagai mahasiswa, dia bekerja penuh waktu sehingga jarang menghabiskan waktu yang lama di kampus.

Nah, berapa orang temanmu yang masuk di tipe mahasiswa tadi? Setiap orang memiliki gaya dan karakter yang unik. Meski kadang beberapa dari mereka terkesan selalu menjengkelkan, tentu kampus akan menjadi kurang berwarna tanpa mereka!

*sumber : today.line.me
×
Berita Terbaru Update