-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa Baru Harus Tahu Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mencari Kost

Tuesday, July 10, 2018 | July 10, 2018 WIB Last Updated 2018-07-10T13:08:02Z

Para mahasiswa baru pasti merasakan banyak hal tidak nyaman ketika pertama kali hidup di kost. Ketidaknyamanan mungkin akan kalian rasakan. Penyebabnya adalah mahasiswa baru tidak mencari kost dengan benar sesuai dengan kebutuhan kalian. Makanya sering kali menjadi tidak kerasan dengan suasana tempat tinggal sementara seperti kost itu. Akhirnya cuma bertahan tinggal kost di tempat tersebut satu bulan saja, kemudian pindah. Setelah pindah eh masih saja tidak betah dan mencari tempat kost lainnya. Bukan karena sifat kalian yang mudah bosan. Mungkin penyebabnya adalah kalian tidak benar-benar serius ketika mencari kost. Seharusnya kalian perlu mempertimbangkan hal-hal seperti dibawah ini.

1. Sesuaikan dengan budget
Pertimbangan pertama dalam mencari kost adalah budget. Kamu mau mencari kost dengan harga sewa sekitar berapa, dan sesuaikan dengan kebutuhanmu yang lain. Jangan sampai uang sewa kost menjadi membengkak dan akibatnya kebutuhan lain malah tidak terpenuhi.

2. Lokasi menjadi pertimbangan utama


Hal kedua yang menjadi pertimbangan adalah lokasi. Carilah kost yang lokasinya tidak jauh dari kampus, setidaknya maksimal 15 menit waktu tempuhnya. Pilih lokasi kost yang mudah dan tidak susah, jangan di gang sempit, sebisa mungkin akses ke jalan aspal. Nah, soal lokasi ini juga bisa menentukan akses jaringan internetmu juga lho.

3. Fasilitas apa saja yang didapat

Setelah kamu mencari beberapa referensi kost yang sesuai dengan budget, sekarang giliran menyortirnya sesuai dengan fasilitas yang didapat. Dengan harga sewa segitu kamu mendapat fasilitas apa saja. Apakah fasilitas itu sesuai dan pantas dengan perbandingan kost-kost lainnya. Ibaratnya jangan sampai kamu membeli kucing dalam karung.

4. Lihat lingkungan dan keamanannya


Setelah mendapat kost yang kamu rasa cocok dengan budget, lokasinya dekat, dan fasilitasnya oke. Selanjutnya datangi saja tempat kost itu, survei tempatnya, lihat lingkungan dan keamanannya. Jangan segan tanyakan kepada pemilik kost tentang kondisi lingkungan disana. Apakah disana sering terjadi kehilangan dan tindak kejahatan atau sebagainya.

5. Kebersihan tempat kost

Saat kamu mensurvei tempat kost itu kamu jangan lupa melihat kondisi kebersihannya. Cek kebersihan kamar mandi dan lihat kondisi kamar. Apakah ada yang bocor atapnya, pintunya berfungsi terkunci dengan benar dan sebagainya.

6. Akses transportasi yang tersedia


Setelah itu coba kamu perkirakan akses transportasi yang tersedia untuk sampai ke tempat kost. Apakah ada angkot, bis kota, ojek, becak dan sebagainya. Meskipun kini ojek online seperti Gojek dapat menerima order dari mana saja tapi radius jangkauannnya juga terbatas lho.

*Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul Mahasiswa Baru Harus Tahu 7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mencari Kost, http://style.tribunnews.com/2016/10/31/mahasiswa-baru-harus-tahu-7-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-mencari-kost?page=4.
Penulis: Mohammad Rifan Aditya
Editor: Lilis Maryati
×
Berita Terbaru Update