-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

UNP Siapkan Dana Penelitian Hingga 30 Miliar

Tuesday, December 6, 2016 | December 06, 2016 WIB Last Updated 2016-12-06T02:55:00Z

Tahun depan Universitas Negeri Padang (UNP) akan meningkatkan anggaran dana penelitian menjadi 15 persen. Hal itu dilakukan untuk mendorong dosen supaya aktif melakukan penelitian.

Rektor UNP, Ganefri, mengungkapkan, anggaran penelitian 15 persen atau sekitar Rp26,5—Rp30 miliar itu diambil dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) UNP. Sebelumnya anggaran penelitian di UNP hanya sekitar 3—4 persen.

“Ini kita lakukan untuk meningkatkan kualitas dosen. Semua dosen mesti aktif meneliti agar apa yang di­sam­pai­kannya saat proses pem­belajaran adalah penemuan-penemuan terbaru. Jadi, do­sen tidak lagi mengajar hanya berdasarkan buku teks,” ujar Ganefri, Se­nin (5/12).

Menurut Ganefri, dosen merupakan investasi jangka panjang Perguruan Tinggi (PT). Kualitas lulusan sangat dipengaruhi oleh kualitas dosennya. Maka hal utama yang diperlukan untuk me­ning­katkan kualitas lulusan adalah meningkatkan kualitas dosen.

Jumlah dosen UNP yang aktif meneliti, kata mantan Koordinator Kopertis Wila­yah X ini baru mencapai angka 50 persen. Meski de­mi­kian, dengan mengusung misi menjadi universitas berbasis riset dalam beberapa tahun ke depan, angka ter­sebut akan ditingkatkan men­jadi 100 persen.

“Mudah-mudahan de­ngan meningkatnya anggaran penelitian, seluruh dosen UNP aktif meneliti. Pe­neliti­an juga merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi. Dosen tidak hanya mengajar, tetapi juga mela­kukan penelitian dan pe­ngem­bangan, serta mengab­dikan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya kepada masyarakat,” kata Ganefri.

Meningkatnya dana pe­ne­litian ini disambut baik oleh dosen UNP. Utami Dewi Pramesti misalnya. Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini bersyukur de­ng­an kebijakan ini. Me­nurut­nya langkah itu bisa me­nam­bah motivasi para dosen agar lebih giat melakukan pe­nelitian.

“Sebenarnya sudah men­jadi kewajiban dosen mela­kukan penelitian, meskipun tidak ada penambahan dana penelitian. Namun, ini men­jadi tambahan motivasi bagi para dosen. Kesempatan untuk melakukan penelitian dengan cakupan yang lebih luas juga semakin besar. Kalau dananya kecil, kadang tidak sesuai dengan rencana,” ujar Utami.
*Sumber : Haluan
×
Berita Terbaru Update