-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

UKKes UNP Tuan Rumah Tiga Tangkai Lomba Peksimida

Wednesday, July 20, 2016 | July 20, 2016 WIB Last Updated 2016-07-20T15:29:20Z
Ta­hun ini Universitas Negeri Padang (UNP) kembali di­percaya menjadi tuan rumah tiga tangkai lomba Pekan Seni Mahasiswa tingkat Daerah (Peksimida) Sumatera Barat (Sumbar). Penyelenggaraan lomba dipercayakan kepada Unit Kegiatan Seni (UKKes) UNP.

“Tahun lalu kita menye­lenggarakan empat tangkai lomba, yaitu tari, menulis cerpen, pembacaan puisi, dan lukis. Tahun ini, sesuai hasil rapat di BPSMI (Badan Pem­bina Seni Mahasiswa Indo­nesia) Sumbar, kita jadi penye­lenggara untuk lomba tari, penulisan puisi, dan penulisan cerpen,” ujar Ketua UKKes UNP, Rahmad Hidayat, Selasa (19/7).

Total ada 15 tangkai lomba yang akan diadakan pada Pek­simida tahun ini, yaitu tari, vokal grup, monolog, baca puisi, nyanyi tunggal pop (pu­tra/putri), nyanyi tunggal ke­ron­cong (putra/putri), nyanyi tunggal seriosa (putra/putri), nyanyi tunggal dangdut (putra/putri), penulisan puisi, penu­lisan cerpen, penulisan lakon, fotografi, komikstrip, lukis, dan desain poster.

Selain UNP, kata Rahmad, ada delapan perguruan tinggi lain­nya yang menjadi penye­lenggara tangkai lomba lainnya, yaitu Universitas Andalas, Universitas Baiturrahmah, Universitas Bung Hatta, ISI Padang Panjang, STKIP PGRI, Akademi Teknologi Industri Padang, dan Universitas Eka Sakti.

Pembukaan Peksimida ak­an dilakukan pada 21 Juli di Universitas Andalas, sementara lomba di UNP akan dilak­sanakan pada 23 Juli menda­tang di Teater Tertutup Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP dan lantai IV gedung FBS.

“Besok (hari ini-red) sudah ada yang memulai lomba, seperti lomba monolog dan lukis di ISI Padang Panjang,” lanjut Rahmad.

Untuk utusan UNP, kata mahasiswa jurusan Teknik Elektro itu, UKKes UNP se­belum­nya sudah melakukan seleksi, di antaranya melalui UNP Got Talent, Pekan Seni Mahasiswa tingkat Kampus (Peksimika), dan audisi lang­sung. Hal itu dilakukan agar utusan yang dikirim lebih kompetitif.

Para juara setiap tangkai lomba tersebut, nantinya akan menjadi utusan Sumbar pada Pekan Seni Mahasiswa Na­sio­nal (Peksiminas) XIII yang diselenggarakan oleh Uni­versitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara pada 11—17 Oktober 2016.

“Pada Peksiminas 2014, UNP mengirim delapan utusan. Semoga tahun ini lebih me­ningkat jumlahnya,” harap pemuda asal Duri, Riau itu.

Peksiminas merupakan iven dua tahunan yang di­seleng­garakan oleh BPSMI Dirjen Dikti Kemenristek Dikti. Ke­giatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra, dan seni rupa. Peserta adalah mahasiswa yang me­wakili daerah berdasarkan hasil seleksi Peksimida.

Sumber : Haluan
×
Berita Terbaru Update