-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Orientasi Mahasiswa Baru, Siapa Takut

Tuesday, July 12, 2016 | July 12, 2016 WIB Last Updated 2016-07-12T14:29:29Z

Setiap mahasiswa baru (maba) akan melalui masa orientasi sebelum akhirnya mulai berkuliah. Nah, sebentar lagi hal tersebut akan dialami para mahasiswa baru, terutama bagi yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN), baik dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri.

Tak perlu khawatir, masa orientasi maba saat ini jauh dari unsur perpeloncoan atau senioritas, melainkan lebih bersifat informatif dan edukatif. Lantas, apa saja sih yang harus disiapkan jelas masa orientasi maba tersebut?

1. Kondisi tubuh

Masa orientasi siswa akan cukup menguras tenaga. Hal ini disebabkan mahasiswa baru akan menjalani padatnya aktivitas selama satu hari penuh dalam beberapa hari ke depan. Oleh sebab itu, jaga kesehatan dan fisik. Sesibuk apa pun itu, tidurlah secukupnya supaya badan tetap fit.

2. Mulai akrabkan diri

Masa orientasi mahasiswa baru adalah kesempatan bagimu untuk bertemu dengan mahasiswa lainnya dalam satu angkatan. Jadi, momen tersebut menjadi saat yang tepat untuk mengenal dan menjalin pertemanan dengan mahasiswa dari jurusan atau fakultas lainnya. Di samping itu, biasanya terdapat proyek yang akan diberikan secara berkelompok. Dengan membina hubungan yang baik, tentu kelompokmu akan solid dan mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

3. Buat tugas dengan lengkap

Selama ikut masa orientasi, tak perlu coba-coba jadi mahasiswa yang bandel. Kerjakan tugas atau proyek yang diberikan oleh panitia. Kamu harus memberikan kesan yang baik. Turuti aturan yang berlaku dan simak materi yang diberikan selama masa orientasi mahasiswa baru.

4. Bangun pagi

Masa orientasi menuntutmu untuk bangun pagi guna melatih kedisiplinan. Nah, bagi yang tinggal di asrama, pikirkan juga waktu antre mandi sehingga tidak terlambat. Jika perlu, pasang alarm atau minta teman untuk membangunkan.

5. Penampilan

Pakailah baju sesuai SOP yang ditentukan. Bagi mahasiswa laki-laki, pastikan potongan rambut sudah rapi dan tidak gondrong. Begitu pula mahasiswa perempuan jika memiliki rambut panjang sebaiknnya diikat.
×
Berita Terbaru Update