-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tiga Nama Calon Rektor UNP Siap Dikirim ke Pusat

Tuesday, May 31, 2016 | May 31, 2016 WIB Last Updated 2016-05-31T08:29:51Z

INFOUNP - Pen­ja­ringan Bakal Calon (Balon) Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) tingkat senat telah rampung dilakukan. Tiga nama pun mengerucut dari enam nama yang dise­leksi senat UNP.

Tiga nama hasil penjari­ngan tingkat senat tersebut, Prof. Phil. Yanuar Kiram dengan perolehan 32 suara, Prof. Dr. Syamsul Amar, dengan 25 suara dan Prof. Ganefri dengan perolehan 21 suara.

Ketua Pemilihan Rektor UNP, Prof. M. Zaim,mengatakan untuk penjaringan tingkat senat te­lah rampung dilakukan pada Senin (30/5), di ruang senat gedung Rektorat UNP. Hasil­nya dari enam nama yang sebelumnya menyatakan ke­sia­pannya untuk maju men­jadi Rektor UNP telah di­seleksi menjadi tiga nama.

“Tahapan selanjutnya, tiga nama itu akan kami kirim ke Kementerian Ristek dan Dik­ti untuk pemilihan tingkat Menteri pada 16 Juni menda­tang. Baru lah kita akan dapat hasilnya diperkirakan 20 Juli mendatang,”ungkapnya.

Dikatakan M. Zaim bah­wa karena pada seleksi ulang ini enam nama yang maju, maka dilakukan dengan vo­ting, dimana suara tertinggi dimiliki Prof. Phil Yanuar Kiram. “Berbeda dari seleksi tahap pertama, kami tidak melakukan voting karena calon sudah memenuhi syarat dari pusat yaitu tiga orang, makanya langsung dikirim,” paparnya.

Sementara itu, anggota senat UNP, Prof. Z Mawardi Effendi, dihubungi Haluan Senin malam mengatakan seleksi yang dila­kukan di tingkat senat berjalan dengan baik. Hasilnya telah mengerucutkan tiga nama yang akan dikirim ke Kementerian Ristek dan Dikti.

“Sekarang tinggal menunggu pemilihan di tingkat Ke­men­terian. Bagaimana pun 34 persen atau 44 suara itu di tangan Men­teri. Jadi, kita tunggu saja,” ucapnya di Padang.

Dilanjutkannya, siapa pun Rektor UNP untuk periode 2016 – 2021 diharapkan akan mem­bawa kemajuan bagi UNP ke depannya. Karena apa yang dimi­liki UNP saat ini seperti infra­struktur, Sumber Daya Manusia (SDM), dan juga tenaga pe­nunjang seperti mitra sudah sangat baik. “Hanya tinggal bagai­mana memanajemen semua itu. Tugas rektor terpilih nan­tinya,” pung­kasnya.

Z. Mawardi juga berharap Rektor UNP mendatang juga akan dapat menjamin kebebasan dalam berpendapat dan beropini di dalam kampus. Karena bagai­mana pun itu merupakan hak kemerdekaan seseorang. “Kita berharap Rektor nanti juga tidak anti kritik, akan tetapi mendengarkan masukan untuk membangun UNP yang lebih maju,”ujarnya.

Sedikit diketahui, penja­ri­ngan Balon Rektor UNP dilaku­kan sebanyak dua kali. Tiga nama hasil seleksi pertama yang dikirim untuk seleksi di Kemen­terian Ristek dan Dikti ditolak dengan alasan adanya tata tertib dan persyaratan yang berten­tangan dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Pemen Ristek dan Dikti) Nomor 1 Tahun 2016. Sehingga harus dilakukan penjaringan ulang.

Pada tahap penjaringan ulang ada enam nama yang maju yaitu,  Prof. Azwar Ananda dari Fa­kultas Ilmu Sosial (FIS), Prof. Firman dari Fakultas Ilmu Pen­didikan dan Prof. Ganefri yang saat ini menjabat Koor­dinator Kopertis Wilayah X, Prof. Dr. Phil Yanuar Kiram,  dari Fa­kultas Ilmu Ke­olah­ragaan (FIK), Prof. Dr. Syam­sul Amar, dari Fakultas Eko­nomi dan Prof. Dr. Yasri, dari Magister Mana­jemen.

*Sumber : Haluan
×
Berita Terbaru Update