-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Juni, Verifikasi Mahasiswa Bidikmisi Dimulai

Wednesday, May 18, 2016 | May 18, 2016 WIB Last Updated 2016-05-18T02:46:16Z
INFOUNP - Ve­rifikasi calon mahasiswa pelamar bidikmisi akan dimulai Juni mendatang. Usai dilaksanakan peme­riksaan berkas, wawancara dilanjutkan dengan veri­fikasi langsung ke lapangan. Jika tidak lolos verifikasi, calon mahasiswa bisa gagal sebagai peraih beasiswa bidikmisi.

Wakil Rektor I Uni­versitas Negeri Padang Prof Dr H Agus Irianto menga­takan, jika nanti saat verifi­kasi ditemukan calon maha­siswa yang tinggal di rumah bagus namun milik saudara­nya, ini akan menjadi salah satu catatan bagi tim penilai dan dipertimbangakan un­tuk diberikan beasiswa.

“Misalnya yang ber­sang­kutan tinggal di rumah yang bagus tapi milik saudaranya, berarti ada keluarganya ya­ng mampu dan bisa mem­ban­tu. Masa iya, punya sau­dara atau paman yang kaya  tapi tidak mau membantu biaya pendidikan,” ulasnya, Senin (16/5).

Sementara, bagi calon mahasiswa yang benar-be­nar kurang mampu dan me­m­butuhkan bantuan biaya pendidikan, tidak ada alasan pihak kampus untuk meno­lak mereka. Agus juga me­nga­takan, tidak ada kuota atau pengurangan untuk program beasiswa bidik­misi untuk mahasiswa ku­rang mampu dari sisi eko­nomi orangtuanya. Semua yang lolos adalah mahasiswa yang sebelumnya telah dive­ri­fikasi keabsahan datanya.

“Pengurangan itu me­mang terjadi dari pusat, bukan pihak perguruan ting­gi yang menguranginya. Untuk pendaftaran bi­dik­misi ini mahasiswa juga mengisi biodata secara on­line, dan hasilnya ter­ko­nek­si ke pusat,” ungkapnya.

Agus juga menerangkan, yang dimumukan beberapa waktu lalu baru seleksi ta­hap pertama, nanti akan dilanjutkan dengan seleksi tahap kedua yakni verifikasi dari data-data yang sudah diisi oleh mahasiswa. Jika memang benar data yang diisikan, maka akan lolos untuk mandapatkan be­a­siswa bidikmisi namun jika datanya tidak sesuai dengan yang diisi pada tahap awal maka ia tidak akan lolos.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas An­dalas Dr Ir Hermansyah, MS, MSc mengatakan, 31 Mei 2016 mendatang ma­ha­siswa lolos SNMPTN bidik­misi diminta untuk mela­por. Hari berikutnya, 1 Juni mereka akan diminta mem­bawa semua berkas yang telah diisi dan akan di­wa­wancarai.

“Kami akan panggil me­reka, dan nanti akan di­minta memperlihatkan ber­kasnya, seperti foto rumah. Selain itu, kami juga akan memanggil untuk mela­ku­kan verifikasi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, se­telah dinyatakan lulus nanti juga akan dilakukan ve­ri­fikasi langsung ke lapangan salah satunya dengan me­lihat kondisi rumah. Veri­fikasi untuk menyesuaikan dengan yang ada di berkas, jika memang tidak sesuai maka pihak kampus akan membatalkannya.

“Untuk menentukan te­tap dari pusat, namun untuk penilaian dan pe­nen­tuan siapa yang berhak men­da­pat­kannya tentu saja ada for­mulanya. Jadi, bukan hanya sekedar verifikasi saja atau meninjau langsung ke la­pang­an tapi benar-benar dilihat siapa yang berhak men­dapat­kannya,” ujarnya.

*Sumber : Haluan
×
Berita Terbaru Update