-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kesalahan Belajar yang Sering Dilakukan Mahasiswa

Friday, February 19, 2016 | February 19, 2016 WIB Last Updated 2016-02-19T04:26:06Z

Tujuan dari belajar adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan. Dengan rutin belajar, diharapkan materi yang sudah kamu pelajari tidak akan hilang begitu saja.
Namun, banyak siswa hanya menjadikan belajar sebagai rutinitas menjelang ujian. Itu sebabnya, banyak materi yang cepat dilupakan dan harus dipelajari ulang. Coba kenali beberapa kesalahan dalam belajar ini yang mungkin tidak kamu sadari.
Bergadang
Demi melahap semua materi pelajaran, tidak jarang kita sampai merelakan waktu tidur dengan bergadang semalaman. Mulai sekarang, cobalah untuk meluangkan satu atau dua jam per hari untuk mengulang materi pelajaran. Cara ini akan lebih efektif membuat kita mengingat materi pelajaran ketimbang menjejalkannya ke otak dalam semalam.
Gadget
Sedikit-sedikit mengecek gadget akan membuatmu tidak fokus belajar. Karena itu, cobalah hindari gadget untuk sementara waktu saat kamu sedang fokus mengulang materi pelajaran. Bila masih juga tergiur untuk bermain-main, kamu bisa pilih dengan menonaktifkan handphone-mu.
SKS
Belajar semalam suntuk atau dikenal dengan Sistem Kebut Semalam (SKS) bukan jalan yang tepat untuk menghadapi ujian. Cara ini hanya akan membuatmu lelah. Selain itu, hanya beberapa persen materi yang akan menempel di ingatanmu.
Menghafal
Untuk beberapa materi perkuliahan, menghafal memang menjadi cara yang tepat. Tapi sebaiknya, pastikan juga kamu memahami materi yang dihafal tersebut. Dengan begitu, hasil belajar pun akan lebih efektif.
×
Berita Terbaru Update