Hai mahasiswa kura-kura!
(kuliah-rapat-kuliah-rapat). Organisasi di kampus, entah itu Badan
Eksekutif/Legislatif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa jurusan, dan lain
sebagainya, adalah tempat kita belajar bekerja dalam kelompok. Banyak
banget softskills yang akan kita dapatkan. Meskipun lelah, tapi semua
jerih payah memberikan kita pelajaran yang berharga untuk bekal di masa
depan.
Selain itu, di kampus kita menjalani
organisasi dengan resiko cukup rendah, karena ketika kita melakukan
kesalahan secara umum masih ada institusi yang menaungi kita, yaitu
kampus kita sendiri. Namun, masih ada tata cara dan aturan yang harus
dijalani sebagai anggota organisasi, sehingga kita harus melakukan
penyesuaian diri. Kira-kira, apa saja yang perlu kita lakukan dalam
menghadapinya?
1. Kenali otoritas.
Sumber Gambar: randomactsofleadership.com
Saat kamu menjalani kehidupan
organisasimu, kamu harus paham benar siapa yang memegang kendali. Kamu
harus mengetahui sebesar apa hakmu disana, dan kepada siapa kamu harus
bertanggung jawab. Jangan sampai, tindakan yang kamu lakukan melangkahi
batasan tersebut. Mungkin kalian juga teman di luar organisasi, namun
pastikan profesionalitas tetap berjalan.
2. Pahami gaya kepemimpinan yang ada dalam organisasimu.
Setiap organisasi gak tentu memiliki gaya
kepemimpinan yang sama. Jadi ketika kamu berpindah organisasi pun dan
merasakan suasana yang berbeda, jangan langsung protes. Bisa jadi gaya
kepemimpinannya bukan buruk, tapi kamu hanya nggak terbiasa. Kamu bisa
menyarankan perubahan, tapi nggak perlu memaksakannya.
3. Lalu, kenali jobdesk masing-masing.
Jangan sampai kamu tidak mengerjakan
tugasmu hanya karena kamu nggak paham kalau itu tugasmu. Perjelas di
awal batasan tugasmu dan tugas divisi lain. Jangan sampai juga terjadi
tumpang tindih atau bahkan mengambil alih tugas orang lain.
4. Mengetahui dan memperhatikan alur komunikasi.
Di samping jobdesk, kamu perlu perlu
mengetahui dengan siapa kamu berhak menyalurkan informasi. Kadang
mungkin kamu perlu menginformasikan sesuatu dengan cepat pada pihak
tertentu, namun selalu cek, apakah ada baiknya jika kamu membiarkan koor
atau atasanmu tahu terlebih dahulu?
5. Bukan soal "aku" tapi "kita".
Organisasi adalah kumpulan berbagai
manusia, bukan satu orang saja. Keputusan yang diambil tentunya untuk
kepentingan bersama. Jangan marah apabila pendapatmu tidak diterima oleh
anggota lainnya. Otak bersama, tentunya segala sesuatu perlu disetujui
bersama juga. Setiap orang berhak mengeluarkan aspirasi, tapi tidak
berhak menuntutnya untuk diterima.
6. Konflik itu wajar, tapi pertahankan profesionalitas.
Jika memang pendapatmu dengan rekanmu
bertentangan dan terjadi konflik, usahakan konflik tersebut sebatas
konflik kerja saja. Di luar, tetaplah bersikap sebagai teman. Jangan
sampai organisasi menghancurkan hubungan pertemanan, terlebih yang sudah
dibangun sejak lama. Cocok sebagai teman nggak selalu cocok sebagai
rekan kerja, kok.
7. Jangan mendengarkan untuk menjawab.
Ini nih yang bahaya. Perlu diakui, kadang
kita tergoda untuk selalu menjawab agar kita terlihat sebagai individu
dengan ide yang brilian. Namun, sebenarnya ketika kita mendengarkan
untuk menjawab, otak kita terfokus untuk berpikir hingga informasi yang
kita terima bisa-bisa tidak lengkap atau tidak sesuai konteks. Jangan
sampai malah malu karena jawabanmu jadi nggak relevan.
8. Perhatikan bahasa yang kamu gunakan.
Dalam konteks organisasi, mungkin kamu
masih bisa memakai bahasa sehari-hari untuk menumbuhkan kekeluargaan dan
kenyamanan berorganisasi. Namun, ketahui juga kapan kamu perlu
menggunakan bahasa formal, terutama ketika berkomunikasi dengan pihak
lain. Jangan sampai hanya karena bahasa kamu dianggap remeh atau tidak
profesional.
9. Sampaikan segalanya secara asertif.
Jika kamu memiliki rasa nggak nyaman
dengan cara kerja atau sikap seseorang, atau apapun, komunikasikanlah.
Jangan dipendam, nanti kamu nggak nyaman bekerja disana. Tapi, lakukan
tanpa bawa emosi dan tetap profesional, ya. Selain itu, siapa tahu
keterbukaanmu menjadi awal perubahan positif bagi orang lain?
Itulah segelintir tips untuk kamu berorganisasi dengan nyaman di kampus. Semoga kehidupan berorganisasi kamu menyenangkan!